Cara Menjumlahkan Pecahan Campuran

Saat pertama kali menerima murid belajar di tempat les, biasanya saya akan ‘mengujinya’ pengetahuan dasar yang sudah mereka miliki. Bagaimana cara mereka mengerjakan soal-soal perkalian termasuk hafalan perkalian dasar mereka, cara menjumlahkan, konsep pecahan yang mereka pahami dan lain-lain. Ini saya lakukan untuk mendapatkan gambaran sejauh mana pemahaman dan kemampuan matematika masing-masing anak.

Khusus menyangkut pecahan pecahan campuran, saya sering sekali menemukan hal ‘salah kaprah’ seperti ini,

4 ¼ + 2 3/5 = 17/4 + 13/5

  85 /2052 /20

= 137/20 

= 6 17/20

Secara matematis, sebenarnya cara di atas tidak sepenuhnya salah. Hanya  terlalu ‘ribet’  karena melibatkan perhitungan yang banyak dan tidak efisien.

Murid yang datang dengan kasus seperti ini biasanya akan saya bimbing menghitung penjumlahan bilangan campuran dengan memberi contoh sehari-hari misalnya potongan kue. Saya minta dia membayangkan potongan kue sebesar  4 ¼  dan 2 3/5 dan meminta mereka menggabungkannya. Saya lalu membimbing mereka menarik kesimpulan bahwa saat menggabungkan kue tersebut bukan berarti kue tersebut harus saya potong dulu menjadi dua puluh bagian. Bukankah bisa dilakukan dengan menjumlahkan bagian kue yang utuh? Setelah itu menjumlahkan bagian kue yang sudah dipotong hingga menghasilkan perhitungan sebagai berikut :

4 ¼ + 2 3/5 = 4 + 2 + 1/4 + 3/5

=  6 + 5 /2012 /20

= 6 17/20 

Cara ini jauh lebih mudah dan praktis bukan ?

About these ads

, , ,

  1. #1 by three on October 31, 2012 - 10:37 am

    apa jawaban ke pecahan campuran dari 8 per 3

  2. #4 by Andy felix on January 9, 2013 - 4:53 am

    Nggak mutu

    • #5 by pintarmatematika on January 9, 2013 - 6:59 am

      terimakasih. silakan membuat yang menurut Anda bermutu.

      • #6 by amad on February 27, 2014 - 11:54 am

        56÷2

    • #7 by shinta on September 11, 2013 - 5:26 am

      ya betul gak bermutu ribet caranya

      • #8 by pintarmatematika on September 12, 2013 - 11:56 am

        lalu yang bermutu seperti apakah?
        Silakan….

  3. #9 by pintarmatematika on January 9, 2013 - 7:01 am

    8 per 3 memiliki bentuk pecahan campuran 2 2/3

    • #10 by rani on May 15, 2013 - 11:09 am

      kalau 2 6 per 9: 3 per 6
      br[ jawabannya??

  4. #11 by nos on January 9, 2013 - 8:19 am

    ini ada PR anak SD pecahan campuran dari 1/6 jadi berapa ?, apakah pecahan campuran selalu lebih besar dari angka 1 ?. Makasih

    • #12 by pintarmatematika on January 9, 2013 - 2:18 pm

      betul, pecahan campuran selalu lebih besar dari bilangan 1. Dinamakan pecahan campuran karena terdiri dari campuran bilangan bulat dan bilangan pecahan. Pecahan campuran hanya mungkin jika pembilang lebih besar dari penyebut. Berarti 1/6 tidak dapat diubah menjadi pecahan campuran.

  5. #13 by ena on January 9, 2013 - 8:36 am

    pertanyaa 3/6 ke pecahan campuran?

    • #14 by pintarmatematika on January 9, 2013 - 2:20 pm

      pecahan campuran hanya ada apabila suatu pecahan memiliki pembilang lebih besar dari penyebut, contohnya 5/3 memiliki bentuk bilangan campuran 1 2/3 (dibaca satu dua per tiga). Pecahan 3/6 tidak memiliki bentuk bilangan pecahan campuran

      • #15 by -rachma on January 18, 2013 - 6:10 am

        Saya ingin bertanya bagaimana cara menghitung penjumlahandan pengurang di pecahan
        Terimalah kasih:-*:-)@-}—-&2&
        !

  6. #16 by rasyid on January 14, 2013 - 6:31 am

    makasih bro

  7. #18 by rani on January 18, 2013 - 4:48 am

    tapi kenapa gak ada yang pekalian dan pembagian

  8. #20 by -rachma on January 18, 2013 - 6:06 am

    Wah saya seneng bisa belajar matematika di sini:-):-);-):-)

  9. #22 by nurbayani on January 20, 2013 - 8:57 am

    saya bingung pecahan campuran rumus nya

  10. #23 by nurbayani on January 20, 2013 - 8:59 am

    rumus nya susah.gak ada yg gampang lagi

    • #24 by pintarmatematika on January 31, 2013 - 6:05 am

      Sebenarnya nggak perlu hafal rumus. Kalau dipahami akan lebih memudahkan.

  11. #25 by Inayah11 on January 27, 2013 - 12:17 am

    Kalau 2/3 + 3 3/4 dimana caranya kak????????? :)

    • #26 by pintarmatematika on January 31, 2013 - 6:03 am

      Karena 2/3 dan 3/4 memiliki KPK 12. PEcahan senilainya adalah 8/12 dan 9/12.
      2/3 + 3 3/4 = 8/12 + 3 9/12 = 3 17/12 atau 4 5/12.

  12. #27 by Inayah11 on January 27, 2013 - 6:05 am

    Kalau 1/5 berapa kak????????? :):):)

    • #28 by pintarmatematika on January 31, 2013 - 6:01 am

      Berapa apanya? Pecahan campurannya ngak ada. Kan pembilangnya lebih kecil :)

  13. #29 by zerina on January 29, 2013 - 1:06 pm

    kak saya mau tanya 4 1/3+8/9=
    tolong kak

    • #30 by pintarmatematika on January 31, 2013 - 5:34 am

      1/3 itu senilai dengan 3/9 jadi bisa langsung dijumlahkan dengan 8/9.
      4 1/3 + 8/9 = 4 3/9 + 8/9 = 4 11/9 atau 5 2/9. Simak cara lengkapnya di artikel ya. Selamat berlatih :)

      • #31 by Rizky bedul on January 10, 2014 - 12:44 pm

        12/17rubah ke bentuk desimal
        tolong ya kak

  14. #32 by fajriana efi sastri on February 4, 2013 - 1:15 pm

    kalo21/4+54/6

    • #33 by fajriana efi sastri on February 4, 2013 - 1:23 pm

      makasih..-_-

    • #34 by pintarmatematika on February 5, 2013 - 2:09 am

      Jumlahkan dulu bilangan bulatnya, berarti 2+5 = 7.
      Lalu kerjakan penjumlahan pecahannya seperti biasa. KPK penyebut 4 dan 6 adalah 12. Maka 1/4 = 3/12 dan 4/6 = 8/12.
      3/12 + 8/12 = 11/12.
      Gabungkan dengan hasil penjumlahan bilangan bulatnya.
      Jadi hasil akhirnya adalah 7 11/12

      • #35 by Rizky bedul on January 12, 2014 - 5:08 am

        Kak 4/5 ubah kedesimal 8/7 sama 5/8 sama 12/15 sama 3/8 sama

  15. #36 by fajriana efi sastri on February 5, 2013 - 2:28 am

    makasih kak

  16. #37 by putri on February 19, 2013 - 2:30 pm

    klu soalnya 15/16-7/8+5/15= berapa kak?gimna cri kpk nya?????

  17. #38 by elis on February 24, 2013 - 12:25 am

    2 1/5 : 1 1/5-1 1/4 berapa ?

    • #39 by pintarmatematika on March 4, 2013 - 12:43 pm

      2 1/5 dan 1 1/5 diubah terlebih dahulu menjadi pecahan biasa yaitu 11/5 dan 6/5
      11/5 : 6/5 —-> 11/5 x 5/6 = 11/6 atau 1 5/6
      1 5/6 – 1 1/4 = 5/6 – 1/4 (karena 1-1 = 0 untuk bilangan bulatnya)
      cari kpk 6 dan 4 yaitu 12
      5/6 – 1/4 = 10/12 – 3/12 = 7/12

  18. #40 by Akmal yusuf on February 24, 2013 - 11:07 pm

    soalnya yg perkalian ajah!!!

  19. #42 by ricco on March 3, 2013 - 5:45 am

    kalau 1 3/4 -4/5 + 1 3/5 berapa kak

    • #43 by pintarmatematika on March 4, 2013 - 12:49 pm

      kerjakan bilangan bulatnya terlebih dahulu (ada pada 1 3/4 dan 1 3/5. Jadi bilangan bulatnya 1+1 = 2)
      lalu kerjakan pecahannya 3/4 – 4/5 + 3/5. KPK dari 4 dan 5 adalah 20
      jadi pecahan di atas menjadi 15/20 – 16/20 + 12/20 = 11/20 (hati-hati 15-16 =-1, -1+12=11)
      gabungkan semuanya (bilangan bulat dan pecahannya) jadi 2 11/20

  20. #44 by Naflah L. on March 3, 2013 - 1:13 pm

    kalau soalnya 36%+2,15 – 5 4/6 .cepetan ya

    • #45 by pintarmatematika on March 4, 2013 - 1:02 pm

      harus ditentukan dulu, jawabannya/hasilnya dalam bentuk %, desimal atau pecahan biasa dan campuran.
      contohnya jika hasil dalam bentuk pecahan maka semuanya diubah menjadi pecahan biasa.
      36% = 36/100 = 9/25 (bentuk paling sederhana)
      2,15 = 2 15/100 = 2 3/20 (bentuk paling sederhana)
      5 4/6 = 5 2/3 (bentuk paling sederhana)
      jadi soalnya berubah bentuk menjadi
      9/25 + 2 3/20 – 5 2/3
      kerjakan dahulu bilangan bulatnya 2-5 = -3 (ingat pelajaran bilangan bulat)

      kpk dari 25,20 dan 3 adalah 300
      9/25 + 2 3/20 – 5 2/3 = 108/300 + 45/300 – 200/300 = -47/300
      gabungkan dengan bilangan bulatnya

      diperoleh -3 47/300

      sedikit ribet ya?
      tapi pengalaman selama ini biasanya jarang sekali soal pecahan menghasilkan bilangan negatif, kecuali untuk pelajaran bilangan bulat. Apalagi untuk materi matematika SD.

      • #46 by Naflah L. on March 8, 2013 - 2:36 pm

        thank you

  21. #47 by InaAsr on March 8, 2013 - 6:52 am

    makasih yach infonya…. :D

  22. #48 by ricky on April 17, 2013 - 6:01 am

    dari soal yg kakak jawab diatas ada yg sy blom jelas 3 17/12 kok bs sm dng 4 5/12 ya.. tolong dibantu ya skalian dng jalannya biar sy ngerti..terima kasik kak..

    • #49 by pintarmatematika on April 17, 2013 - 6:54 am

      3 17/12. Coba perhatikan 17/12, itukan pembilangnya lebih besar dari penyebutnya berarti bisa diubah menjadi pecahan campuran yaitu 1 5/12. Bilangan bulat 1 dijumlahkan ke 3 maka hasil akhirnya adlah 4 5/12

  23. #50 by ricky on April 17, 2013 - 6:07 am

    sekalaian sy jg minta tolong dibantuin cara ngerjain soal yg pertama..3 4/5 + 2/3 dan soal yg kedua 7/10 (jadi berapa persen)..skalian jg dgn cara dan jalannya kak..terima kasih

    • #51 by pintarmatematika on April 17, 2013 - 6:57 am

      cukup mengerjakan 4/5 + 2/3. Cari kpk 5 dan 3, yaitu 15.
      Ubah 4/5 dan 2/3 kedalam pecahan senilai berpenyebut 15.
      4/5 + 2/3 = 12/15 + 10/15 = 22/15 atau 1 7/15 (gabungkan bilangan bulat 1 dan 3)
      jadi 3 4/5 + 2/3 = 4 7/15

      pecahan persen bisa diartikan sebagai bentuk pecahan dengan penyebut 100. Jadi 7/10 = …./100. Pembiang dan penyebut harus dikalikan 10 menjadi 70/100 atau 70%
      cara lain dengan langsung mengalikannya:
      7/10 x 100% = 70%

  24. #52 by Nur Fithirrahmah on April 23, 2013 - 1:07 pm

    ka hasil dari 3 3/10 : ( 2 1/3 – 1 7/8 )

    • #53 by pintarmatematika on April 23, 2013 - 2:13 pm

      sama seperti sifat pengerjaan bilangan cacah, operasi dalam kurung dikerjakan terlebih dahulu.
      2 1/3 – 1 7/8 = cara pengerjaannya seperti penjumlahan pecahan campuran yang dibahas di atas, hanya ini bentuk pengurangan.

      (2-1) + (1/3 – 7/8) = 1 + 8/24 – 21/24 (1 diganti menjadi 24/24 untuk memudahkan pengurangan 8-21)
      = 24/24 + 8/24 – 21/24
      = 11/24

      3 3/10 : ( 2 1/3 – 1 7/8 ) = 33/10 : 11/24
      = 33/10 x 24/11
      = 36/5 atau 7 1/5

  25. #54 by franki on May 12, 2013 - 11:08 pm

    bgaimana cara mengerjakan 2 1/2% x3/4

    • #55 by richard herten on May 28, 2013 - 8:12 am

      bagaimana cara mengerjakan 51\4+41\2

      • #56 by richard herten on May 28, 2013 - 8:14 am

        bagaimana cara mengerjakan 5 1/4+4 1/2

      • #57 by pintarmatematika on May 29, 2013 - 3:44 am

        cara paling mudah adalah menjumlahkan bilangan bulat dengan bilangan bulat, dan bilagnan pecahan dengan pecahan.
        Jadi 5 + 4 = 9
        1/4 + 1/2 = 1/4 + 2/4 = 3/4
        jadi totalnya 9 3/4

      • #58 by richard herten on May 28, 2013 - 8:16 am

        ka bagaimana cara mengerjakan 5 1/4 + 4 1/2

  26. #59 by tyuz on May 21, 2013 - 3:18 pm

    lambang pecahan dari 22 2/9%

  27. #60 by fajar andika on May 30, 2013 - 8:55 am

    asyikkkkkkkkkkkkkk

  28. #61 by cokodila on June 2, 2013 - 2:27 am

    bagaimana cara mengerjakan soal ini 7 1/2 – 5 1/4 + 1 5/8

    • #62 by pintarmatematika on June 7, 2013 - 1:29 am

      jumlahkan dulu semua bilangan bulatnya yaitu 7-5+1 = 3
      Lalu kerjakan pecahannya 1/2 – 1/4 + 5/8 = 4/8 – 2/8 + 5/8 (KPK 2, 4 dan 8 adalah 8) = 7/8
      Gabungkan
      Jadi hasil perhitungannya adalah 3 7/8

  29. #63 by Nadilla rahma on June 6, 2013 - 9:59 pm

    kak saya minta tolong bantuin saya yah,hasil dari : 8,25:5 1/2 x 20% berapa? makasih :)

    • #64 by Nadilla rahma on June 6, 2013 - 10:03 pm

      secepatnya ya kak

    • #65 by pintarmatematika on June 7, 2013 - 1:36 am

      Ubah ke dalam satu bentuk, entah dalam bentuk pecahan biasa ataupun pecahan desimal.
      Contoh ini menggubahnya menjadi pecahan biasa
      8,25 = 8 25/100 = 8 1/4 = 33/4
      5 1/2 = 11/2
      20 % = 20/100 = 1/5
      Jadi
      33/4 : 11/2 x 1/5 (ingat bahwa pembagian adalah perkalian dengan kebalikannya)
      33/4 x 2/11 x 1/5 = 3/10

  30. #66 by chaa on June 17, 2013 - 4:30 am

    2 4
    —– + —–
    8-2/3 4-2/3

    • #67 by pintarmatematika on June 17, 2013 - 11:32 am

      kalo soal seperti ini, kerjakan terlebih dahulu bagian penyebutnya (8-2/3), demikian juga (4-2/3). Ingat hasilnya diubah menjadi pecahan biasa (8-2/3=7 1/3 = 22/3.
      Lalu 24/ 22/3 = 24 x 3/22 = 36/11. Lakukan hal yang sama pada suku kedua. Lakukan penjumlahan akhir pada kedua suku tersebut.

  31. #68 by syerin aurellia on July 18, 2013 - 12:42 pm

    kalau 2-1/5 + 5/8 =

  32. #69 by rachel on July 22, 2013 - 12:38 am

    saya minta tolong dong nilai dari 5:1/2 x 2 1/2 = ????

  33. #70 by Adi Smashblastjugaatwibi on July 31, 2013 - 4:46 am

    bro,,kla gini g,mna jumlahnya 34,7+6,78???

  34. #71 by shinta on September 10, 2013 - 10:08 pm

    kak kalau mengubah bilangan pecah ke bentuk persen bisa gak??????????????????????????

    • #72 by pintarmatematika on September 12, 2013 - 11:55 am

      tentu saja bisa. Tinggal dikalikan dengan 100%

      Contoh 2/5 bentuk persennya menjadi 2/5 x 100 % = 40%

      Mengubah pecahan desimal pun lebih mudah.
      Contoh 0,23 jika dijadikan bentuk persen maka menjadi 0,23 x 100% = 23 %

  35. #73 by shinta on September 10, 2013 - 10:13 pm

    kak kok lama sih balesnya terima kasih

  36. #74 by velisa on September 12, 2013 - 11:57 am

    mf ya mngganggu aku mau nanya jwb dr 5-7+3 apa??
    mhon bantuannya ua

  37. #76 by velisa on September 12, 2013 - 12:01 pm

    secepatnya donk…
    bisa kan ka???

  38. #77 by putri on September 13, 2013 - 12:21 pm

    KAK PLISS DIJAWAB YAA….seorang ibu memberikan uang saku kepada 3 orang anaknya yaitu vani,vandi,dan veni,vani menerima 7/20 bagian vandi 2/5 bagian dan veni menerima sisanya…..
    A.Berapa bagian yang diterima veni..
    b. jika veni menerima sejumlah 30.0000 hitung lah uang yg diterima vani dan vandi

    • #78 by pintarmatematika on September 13, 2013 - 1:28 pm

      Kalau soal seperti ini, maka anggaplah uang saku untuk ketiga anak itu adalah 1 (1 utuh, bulat).
      Vani 7/20
      Vandi 2/5
      maka Veni berarti sisanya atau 1 – 7/20 – 2/5 = (samakan kpk pada penyebutnya = 20) maka diperoleh hasil 5/20 atau 1/4
      jadi
      A. Bagian yang diterima Veni adalah 1/4 bagian
      b. Jika Veni menerima uang 30.000 itulah adalah 1/4 bagian dari keseluruhan uang saku tersebut. Maka uang sakunya adalah 30.000 x 4 = 120.000

      Berarti uang saku Vani adalah 7/20 x 120.000 = 42.000
      uang saku Vandi 2/5 x 120.000 = 48.000

  39. #79 by isti on September 30, 2013 - 11:08 am

    kalo 3 – 1/81 x 1/3 =

    • #80 by pintarmatematika on October 1, 2013 - 8:03 am

      kerjakan soal perkalian terlebih dahulu
      1/81×1/3 = 1/243
      3 ubah menjadi bentuk pecahan dgn penyebut 243 yaitu 729/243
      jadi 3-1/81×1/3 = 3-1/243 = 729/243 – 1/243 = 728/243 atau 2 242/243

  40. #81 by keyla on October 7, 2013 - 3:22 pm

    (1/4+!/5) x0,35= kasih tau ya kak cara nya

    • #82 by pintarmatematika on October 8, 2013 - 1:13 am

      kerjakan terlebih dulu dalam kurung
      1/4 + 1/5 = (tentukan kpk 4 dan 5 yaitu 20. samakan penyebutnya yaitu 20)
      = 5/20 + 4/20 = 9/20
      0,35 itu sama dengan 35/100 atau (disederhanakan menjadi) 7/20
      berarti
      9/20 x 7/20 = 63/400

  41. #83 by nety seftinia cristina talita perdina perktikno on October 10, 2013 - 12:03 pm

    hitunglah 8/3 dengan pecahan biasa menjadi pecahan campuran

  42. #85 by nety seftinia cristina talita perdina perktikno on October 10, 2013 - 12:06 pm

    cepat kaka penting banget

  43. #86 by febbiana on October 16, 2013 - 12:32 pm

    Kak mau nanya klau 27+5/9 gimana y kak tlg y kak secepatny

    • #87 by pintarmatematika on October 17, 2013 - 12:54 am

      langsung saja 27 5/9 atau dalam bentuk pecahan biasa 248/9.

  44. #88 by cantika putri romadhon on January 8, 2014 - 10:44 pm

    mau tanya klo pecahan persen diiubah pecahan biasa gmn crnya
    2 1/2 :

    • #89 by pintarmatematika on January 9, 2014 - 12:25 pm

      lebih mudah seharusnya :)
      contoh 20%
      persen itu kan berarti pecahan perseratus atau pecahan yang penyebutnya 100 jadi 20% artinya 20/100

      berikut tinggal disederhanakan. masing-masing bisa dibagi 20
      jadi 20% = 20/100 = 1/5

      semoga membantu

  45. #90 by Rizky bedul on January 10, 2014 - 12:45 pm

    12/17 ubah ke dlm bntuk desimal
    tolong kak

    • #91 by pintarmatematika on January 10, 2014 - 1:07 pm

      Buat seperti pembagian biasa misalnya seperti mengerjakan 115 : 5 pakai tanda pembagian biasa itu lho
      Jadi 12/17 menjadi 12 : 17. Karena 12 lebih kecil tambahkan 0 dibelakangnya menjadi 120. Tapi diatas hasilnya berarti nanti jadi 0,…..

      Bentuknya menjadi 120 : 17 = 0, …..
      Kerjakan seperti cara pembagian biasa yang sudah diajarkan.

      HAsilnya menjadi 120 : 17 = 0,705dan seterusnya panjang (tidak berakhir)
      dibulatkan menjadi 0,71 (ingat 5 dibulatkan ke atas)

      semoga membantu :D

      • #92 by Rizky bedul on January 12, 2014 - 5:13 am

        4/5 ubah ke desimal 8/7 ubah ke desimal 5/8 ubah ke desimal 12/15 ubah ke desimal 3/8 ubah ke desimal

      • #93 by pintarmatematika on January 12, 2014 - 10:34 am

        sama saja dengan cara mengubah 12/17 yang dulu pernah ditanyakan.

        satucontoh misalnya 4/5 sama saja dengan 4:5.
        Karena tidak bisa (4 lebih kecil) maka tambahkan 0 menjadi 40. Jadi sekarang 40:5
        Hasilnya tambahkan 0, (0 koma)
        berarti 4/5 = 40 : 5 = 0, 8

        soal-soal yang lain juga demikian.

  46. #94 by Rahcmat on January 14, 2014 - 11:37 am

    Gimna matik ini susah banget :p bikin gue stres

    • #95 by pintarmatematika on January 21, 2014 - 5:36 am

      jika memahami konsepnya dengan baik, nggak perlu stres kok :)

      contohnya untuk menyelesaikan penjumlahan pecahan campuran seperti ini, coba analogikan dengan kue utuh dan potongan kue. Nah kalau kita mau menghitung sejumlah kue, kan nggak perlu semua kue harus dipotong menjadi pecahan2 kalo memang bisa kue yang utuh langsung dijumlahkan.

  47. #96 by ARNOLD on January 15, 2014 - 2:40 am

    cara nya gimana salah kok ak diajarin bukan gitu yeeeee

    • #97 by pintarmatematika on January 21, 2014 - 5:40 am

      matematika itu memang ada seninya :)
      maksudnya satu masalah tidak harus diselesaikan dengan satu cara, bisa dengan pendekatan atau penyelesaian yang berbeda.

      yang harus dipahami adalah konsep matematikanya yang harus betul.

      contohnya cara diatas langsung menjumlahkan bilangan bulatnya dulu. analoginya seperti kalau kita menjumlahkan kue utuh dan pecahannya. Yang utuh kan tidak harus dipotong-potong dulu supaya bisa dijumlahkan.

      Nah mungkin cara Anda itu dengan mengubah pecahan campurannya menjadi pecahan biasa terlebih dahulu. Nggak apa-apa, bisa juga. Konsepnya juga bisa, walaupun mungkin mungkin untuk kehidupan sehari-hari kurang tepat. Kenapa? Diibaratkan menjumlahkan kue tadi, kue yang utuh kan tidak harus dipecah-pecah dulu untuk tahu hasil penjumlahannya.

      Semoga bisa dipahami :)

  48. #98 by ARNOLD on January 15, 2014 - 2:42 am

    LUCU JANGAN MAREAH WOLES AJA

  49. #100 by fatimah on January 15, 2014 - 11:50 am

    klo pecahan seperti pecahan biasa dijumlahkan dengan pecahan campuran bagaimana ya caranya ?

    • #101 by pintarmatematika on January 21, 2014 - 5:43 am

      kalau itu bisa diselsaikan dengan menggabungkan pecahan biasa saja terlbehi dulu.

      contoh
      2 1/2 + 1/4

      kerjakan saja seperti biasa 1/2 + 1/4 = 3/4

      BErarti hasil akhirnya menjadi 2 3/4

      Jadi bisa nggak perlu mengubah pecahan campuran 2 1/2 menjadi 5/2. HAsilnya sama saja.

  50. #102 by agus maulana on January 31, 2014 - 1:37 pm

    8 8/15+3 2/15 =…
    berapa hasilnya ?

  51. #104 by novia on February 7, 2014 - 11:57 am

    kalau 1/4 x 2/4 gampang ya=1×2=2 4×4=16 jadi isinya 2/16

  52. #106 by icha on February 17, 2014 - 4:11 pm

    kalo soal seperti ini bagaimana cara penyelesaiannya.
    1. 10 3/5 + 5 2/6 – 4 6/3=
    2. 3 1/5 : 2 6/9 =
    3. 6/15 x 0,75 : 18/20 + 0,5 – 7/12 =

    • #107 by pintarmatematika on February 18, 2014 - 12:33 am

      penyelesaian seperti nomor 1 ada 2 cara. Umum yang diajarkan di sekolah adalah mengubah bentuk pecahan campuran tersebut menjadi pecahan biasa. Lalu dijumlahkan setelah terlebih dahulu disamakan kpk peneybutnya.

      cara lain adalah langsung mengerjakan hitungan bilangan bulatnya yaitu 10+5-6 (4 6/3 = 4+2=6) = 9
      pecahannya dikerjakan seperti mengerjakan pecahan biasa.
      3/5 + 2/6 = 3/5 + 1/3 = 9/15 + 5/15 = 14/15
      gabungkan hasilnya menjadi 9 14/15

      2.
      untuk penyelesaian pembagian, ubah dulu menjadi pecahan biasa
      3 1/5 : 2 6/9 (atau 2 2/3) = 16/5 : 8/3 = 16/5 x 3/8 = 6/5 = 1 1/5

      3.
      selesaikan dulu soal perkalian dan pembagian baru penjumlahan dan pengurangannya sesuai urutan penulisan.
      2/5 (bentuk lain 6/15) x 3/4 (bentuk pecahan biasa bilangan desimal 0,75) : 9/10 (sama dengan bentuk 18/20) + 1/2 – 7/12
      2/5 x 3/4 x 10/9 = 1/3
      1/3 + 1/2 – 7/12 = 4/12 + 6/12 – 7/12 = 3/12 atau 1/4

  53. #108 by Ibrahim on February 20, 2014 - 9:18 am

    1. 3 2/3+1/96-1 1/2:3/5=

    • #109 by Ibrahim on February 20, 2014 - 9:20 am

      Caranya bagai mana kak

    • #110 by pintarmatematika on February 21, 2014 - 11:19 am

      Kerjakan terlebih dahulu operasi pembagian
      1 1/2 : 3/5 = 3/2 : 3/5 = 3/2 x 5/3 = 5/2 atau 2 1/2

      3 2/3 + 1/96 – 2 1/2 =
      Kerjakan terpisah antara bilangan bulat 3 -2
      dengan pengerjaan campuran
      2/3 + 1/96 – 1/2 = 64/96 + 1/96 – 48/96 = 17/96

      jadi totalnya 1 17/96

  54. #111 by fatri on February 25, 2014 - 12:32 pm

    fatri cilia

  55. #112 by fatri on February 25, 2014 - 12:35 pm

    kak bagaimana caranya mencari 78%+1,22-0,4=

    • #113 by pintarmatematika on February 27, 2014 - 2:09 am

      ubah saja 78% menjadi bentuk desimal = 0,78.
      Lalu lakukan penjumlahan dan pengurangannya. Ingat untuk bilangan desimal, harus rata ke bawah pada tanda koma desimalnya.

      0,78
      1,22 +
      2,00
      0,4 –
      1,6

  56. #114 by imampars123 on March 13, 2014 - 2:01 pm

    kk kalau 2/16 apa sih gw gak taunih

  57. #115 by rizka on April 27, 2014 - 2:50 pm

    bagaimana mengerjaan 1/3 1/4 1/5 1/2 1/6

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 148 other followers