Cara Mudah Menentukan Bilangan Prima

Beberapa anak kesulitan menentukan bilangan prima. Berikut cara mudah mencari bilangan prima dengan bantuan tabel perkalian.

Langkah pengerjaannya adalah sebagai berikut :

1. Minta anak mencoret semua kelipatan 2 kecuali 2.

2. Minta anak mencoret semua kelipatan 3 kecuali 3.

3. Minta anak mencoret semua kelipatan 5 kecuali 5.

4. Minta anak mencoret semua kelipatan 7 kecuali 7.

5. Manakah bilangan yang tidak tercoret? Itulah bilangan prima!

Definisi bilangan prima adalah bilangan yang hanya memiliki dua faktor saja yaitu 1 dan dirinya sendiri. Sedangkan pengertian faktor lebih jelas dengan memberikan contoh sebagai berikut.

2 x 5 = 10 karena itu dikatakan 2 dan 5 adalah faktor dari 10. Jelas bukan?

Nah kembali ke definisi bilangan prima. Bilangan 2 adalah bilangan prima karena hanya memiliki faktor 1 dan 2. Bilangan 4 bukan bilangan prima karena memiliki faktor 1,2 dan 4.

Cara mencari bilangan prima dengan menggunakan bantuan tabel perkalian seperti cara di atas dikenal sebagai cara Saringan Erasthothenes.

About these ads

, , ,

  1. #1 by sukma apri yanti on July 26, 2012 - 10:03 pm

    thanks ,,,ea

  2. #3 by masih belajar on April 30, 2013 - 6:56 am

    masa kelipatan 7 juga di coret..

    • #4 by pintarmatematika on April 30, 2013 - 1:21 pm

      kelipatan 7 juga dicoret karena memiliki faktor lain selain 1 dan bilangan itu sendiri. Ingat kembali definisi bilangan prima adalah bilangan yang hanya memiliki 2 faktor, yaitu 1 dan bilangan itu sendiri.
      contoh :
      21 adalah kelipatan 7 tapi 21 bukan bilangan prima karena memiliki faktor 1, 3, 7 dan 21.

  3. #5 by reza amandhika on September 11, 2013 - 2:35 pm

    kalo skalanya udah ribuan gimana? apa ngurutin dari 2, 3, 5, 7, 11, 13, 17, 19, 23, 27, 29 dst. kan terlalu banyak tuh

    • #6 by pintarmatematika on September 12, 2013 - 12:11 pm

      salah satu cara termudah adalah dengan membaginya dengan bilangan prima tersebut.
      contoh 1527. Dibagi 2 jelas nggak bisa karena bilangan ganjil.
      Dibagi 3 hasilnya 509. Karena bisa dibagi 3 maka 1527 bukan bilangan prima.

      Lakukan hal tersebut terus. Jika kita sudah mencobanya dan tidak bisa dibagi dengan beberapa bilangan prima tertentu, maka bisa diperkirakan bilangan tersebut adalah bilangan prima.

  4. #7 by thania on September 29, 2013 - 11:32 am

    tidak mengerti ???????

  5. #8 by annisafict on December 30, 2013 - 11:53 am

    Lah, tp kok stelah aku coba pake saringan erasthotenes, (51, 57 , 111, 117, 119) bukan bilangan prima? Pdhal udh ga bisa di bagi lg loh ><

    • #9 by pintarmatematika on December 31, 2013 - 9:20 am

      coba bagi 51, 57, 111 dan 117 dengan 3, ternyata bisa hasilnya masing2 17, 19, 37 dan 39. Sedangkan 119 bisa dibagi 7 hasilnya 17. Jadi semua bilangan tadi memang bukan bilangan prima.

  6. #10 by robi al akbar on March 8, 2014 - 3:14 am

    terima kasihh gan.,Sangat Bermanfaat…,
    AWESOME LAHH..,haha

  7. #11 by ANH on April 29, 2014 - 11:55 pm

    terima kasih bnyk. ilmu yg sangat brguna
    Sangat membantu..:-)

  8. #12 by sitinurlathifah11@yahoo.co.id on September 4, 2014 - 12:49 am

    terimakasih

  9. #13 by kiki on November 2, 2014 - 7:05 am

    kalau totient yang ribuan itu gimana gan ? contoh
    ∅(82110) “∅=totient”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 149 other followers