Les Matematika, Membantu Prestasi Belajar Matematika

Sumber: www.AnneAhira.com

Matematika, masih banyak anak yang alergi dengan mata pelajaran ini. Mungkin anak Anda pun mengalami masalah dengan matematika. Bagaimana membantu meningkatkan prestasi belajar matematika anak ?

Les atau kursus matematika adalah salah satu solusi membantu meningkatkan prestasi belajar. Berikut beberapa daftar les matematika yang sekiranya bisa diikuti oleh buah hati Anda.


Kumon

Metode Kumon pertama kali dikembangkan oleh seorang guru matematika SMU di Jepang, Toru Kumon. Sang guru berusaha merancang sistem pengajaran matematika pada anaknya sendiri. Lalu dia pun merancang suatu sistem yang efektif, sistematis dan memiliki konsep-konsep dasar matematika yang kuat.

Pembelajaran Kumon bersifat perseorangan. Artinya setiap anak mengerjakan level tersendiri sesuai kemampuan matematika yang dimilikinya. Setelah itu, anak akan dibimbing step by step untuk menguasai kurikulum yang telah ditetapkan sebelumnya.


Sakamoto

Seperti halnya Kumon, metode Sakamoto juga berasal dari Jepang. Metode ini pertama kali diperkenalkan oleh Hideo Sakamoto. Metode ini sudah berkembang ke berbagai negara, termasuk Indonesia.

Pembahasan matematika di Sakamoto menitikberatkan pada soal cerita. Seperti diketahui, soal cerita memiliki bobot tinggi dalam pelajaran matematika. Metode yang diterapkan menerapkan logika dan analisa matematika. Diharapkan dapat membantu tidak hanya matematika tapi juga pelajaran lainnya.

Sakamoto sering mengadakan kompetisi antar siswanya. Bahkan wakil Indonesia sudah beberapa kali mengikuti kompetisi antar siswa Sakamoto sedunia.


Metode Sempoa atau Mental Aritmatika

Sempoa atau abacus adalah alat berhitung yang digunakan bangsa Cina. Sempoa Cina memiliki konfigurasi manik, 2 di atas dan 5 di bawah. Namun pada metode Sempoa, dikembangkan penggunaan sempoa dengan manik 1 di atas dan 4 di bawah.

Metode sempoa membantu anak untuk melakukan perhitungan-perhitungan dasar aritmatika. Termasuk diantaranya penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian.


Jarimatika

Metode berhitung jarimatika pada dasarnya hampir sama dengan metode sempoa. Hanya saja, penggunaan sempoa digantikan dengan jari. Keuntungan metode ini adalah anak tidak bergantung dengan alat yang harus dibawanya.


Tips Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika

Beberapa tips tambahan yang dapat membantu anak :

  1. Bangkitkan rasa percaya diri anak.
  2. Bahasakan matematika dalam contoh kehidupan sehari-hari.
  3. Latihan yang cukup dapat membantu anak untuk menguasai suatu materi.
  4. Sebelum anak menjawab soal, pastikan anak sudah mengetahui konsep dasar matematika dari soal tersebut.
  5. Lakukan secara step by step. Misalnya, Anda tidak bisa mengajarkan perkalian jika anak tidak bisa melakukan penjumlahan berulang. Karena kedua hal ini saling berhubungan.

Semoga les matematika dan tips di atas dapat membantu Anda meningkatkan prestasi belajar matematika anak.