Membuat Matematika Menyenangkan

Seorang teman menceritakan anaknya yang menurut dia terkena mental block pada matematika. Saya kira banyak orangtua yang mengalami hal serupa dan bingung mengatasinya. Terus terang saya pun tidak memiliki pengetahuan cukup untuk mengatasi hal tersebut. Yang saya lakukan selama ini pada siswa adalah membuat mereka menyukai matematika dengan cara menyenangkan. Bagi saya lebih penting membuat anak menganggap sebagai sesuatu yang menyenangkan daripada sekadar mendapat nilai tinggi.

Sering sekali saya menemukan kasus dimana dalam suatu kelas pasti ada saja anak yang ‘tertinggal’ dan ini manusiawi kan? Kalau merujuk pada teori kecerdasannya Om Gardner, ya wajar saja. Mungkin anak tersebut memang tidak ‘berbakat’ matematika. Tapi bukan berarti saya membiarkannya tertinggal selamanya. Paling tidak dia harus mencapai batas minimal yang harus dikuasainya. Dan itu tadi, yang penting dia suka matematika! Dia senang matematika! Jangan sampai dia tak bisa lalu malah benci, makin runyam jadinya!

Makanya saya paling senang ketika mendengar komentar salah seorang murid, Keysha namanya, ” Aku sekarang seneng lho Bu sama matematika.” Atau  mendengar Mama Gita berkomentar, ” Alhamdulillah sekarang Gita nilainya terus menanjak, Bu. Bahkan dengan pedenya dia bilang sekarang suka matematika.” Nilai Gita yang terus naik, menurut saya, ‘hanya’ bonus dari usaha kami selama ini. Yang terpenting adalah dia suka matematika!

Terus terang kedua anak saya pun tidak memiliki prestasi yang sangat tinggi jika dasar penilaiannya adalah medali emas olimpiade matematika. Memang ada anak saya yang pernah meraih medali dan penghargaan dalam beberapa kompetisi matematika nasional dan internasional. Dia pun bisa menggunakan prestasinya itu untuk masuk sekolah pilihannya melalui jalur prestasi. Tapi terus terang bukan itu tujuan kami. Tapi membuat mereka ‘terbuka’ dan suka matematika itu jauh lebih penting. Dan alhamdulillah tak sekalipun saya mendengar keduanya mengatakan matematika itu susah. Alhamdulillah🙂

, , ,

  1. Leave a comment

Leave a Reply

