Tiga Langkah Mudah Pintar Matematika

Membaca judul di atas, tentu saja terkesan bombastis. Apakah semudah itu mengajarkan matematika? Untuk jenis anak tertentu, pengajar biasanya memang tidak menemukan kesulitan berarti. Bersyukurlah jika menemukan anak seperti ini:) Orang menamakannya jenius, pintar dan sederet aribut yang sejenis lainnya.

Sebenarnya jika tahu caranya, semua anak dengan mudah dapat memahami matematika dengan baik. Hanya terkadang orangtua, guru dan orang dewasa yang mengajarkan tidak menggunakan cara yang tepat. Ingat matematika itu sesungguhnya abstrak. Lambang operasi ‘+’ bagi seorang anak SD tingkat awal tentu membingungkan. Mengapa harus tanda ‘+’ yang menunjukkan penjumlahan, kenapa bukan yang lain. Apa sesungguhnya makna simbol tersebut.

Saat mengajarkan matematika, sebaiknya pengajar menerapkan tiga langkah berikut:

1. Ajarkan anak untuk memahami suatu konsep matematika yang ‘nyata’ dialami anak. Contohnya dalam penjumlahan tadi. Perlihatkan dulu benda kongkritnya. Apa yang dimaksud 5, berapa banyak 5 itu, ataupun mengajaknya menghitung satu persatu benda tersebut. Perlihatkan pula proses menambahnya.

2. Melewati masa ‘transisi’, anak dikenalkan untuk melihat dalam bentuk gambar. Itulah sebabnya buku-buku matematika untuk SD tingkat awal dipenuhi gambar.

3. Abstraksi. Disini anak mulai diperkenalkan dengan bentuk abstrak berupa simbol ‘+”, dan makna lambang bilangan 5.

Memang tidak semua anak harus melewati tiga tahapan ini secara lengkap. Ada yang tak perlu melewati tahapan 1 namun bisa memenuhi tahapan 2. Bahkan mungkin saja seorang guru mendapati anak yang tidak melewati tahapan 1 dan 2. Biasanya anak seperti ini karena sudah memiliki ‘pengalaman’ matematika yang diperoleh dari pola pengasuhan yang didapatkan.

Ketiga langkah ini tidak terbatas digunakan pada operasi matematika saja. Bisa juga digunakan pada pengenalan bentuk-bentuk geometri, konsep pecahan, dan lain-lain.

 

  1. #1 by ritaa on January 1, 2015 - 5:48 am

    baguss artikelnya🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s