Mengukur Keliling Lingkaran

Keliling sebuah lingkaran adalah sisi lengkung yang membatasi luas lingkaran. Keliling lingkaran ini dapat dihitung dengan berbagai cara, antara lain :

1. Mengukur langsung dengan menggunakan alat pengukuran, misalnya meteran kain. Cara lainnya dengan menggunakan tali untuk mengukur lingkaran tersebut, lalu mengukur tali tersebut dengan penggaris.

2. Bagaimana dengan lingkaran pada ban sepeda, motor atau mobil? apakah kita harus melingkarkan meteran atau tali di sekeliling ban kendaraan tersebut? Ada cara lain untuk mengukurnya, yaitu dengan cara menggulirkan ban tersebut. Tandai satu titik pada ban tersebut. Jalankan dan perhatikan alur yang dibentuknya. Ketika posisi yang ditandai tadi berada di tempat yang sama seperti saat mulai digulirkan, itulah satu fase lingkaran. Ukurlah jarak yang ditempuhnya. Itu adalah keliling dari ban tersebut.

3. Menggunakan rumus keliling lingkaran. Ya, kamu tentu sudah tahu bahwa keliling suatu lingkaran dapat diukur dari rumus keliling= 2πr atau πd. Jadi kamu hanya perlu mengukur atau mengetahui jari-jari dari lingkaran yang akan diukur tersebut.

Oke, jadi ternyata banyak cara untuk mengukur keliling lingkaran kan? Ada yang bisa menambahkan?🙂

 

, ,

  1. Leave a comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s