Menentukan Phi

Siapa sih yang tidak mengenal phi (simbol π). Rasanya setiap orang yang mengaku pernah mencicip bangku sekolahan, pasti mengenal satu makhluk ini. Sebenci-bencinya pada matematika, makhluk satu ini pasti dapat kamu temukan. Ayo ingat, dimana kamu menemukannya?

Ya, betul. Makhluk cantik π ini sering sekali digunakan pada penghitungan luas atau keliling lingkaran. Untuk luas lingkaran, kita akan mengalikan si cantik ini dengan kuadrat dari jari-jarinya. Sedangkan untuk mengukur keliling lingkaran, kita harus mengalikannya dengan dua kali jari-jarinya.

Kamu sudah sering menggunakannya. Tapi pernahkan terpikirkan, mengapa harus ada si π. Darimana dia berasal? Mengapa nilainya harus sama dengan 3,14 atau 22/7? Atau  kamu mungkin sering mengalami kebingungan, kapan harus menggunakan nilai π yang 3,14 dan kapan harus menggunakan nilai yang 22/7?

Menemukan Phi

Kamu pun dapat mencoba membuat percobaan untuk menemukan π ini. Terlebih dahulu ukurlah keliling sebuah lingkaran. Cara mengukurnya dapat kamu lakukan dengan cara 1 atau 2 pada artikel ini. Kamu pun harus mengukur diameter lingkaran tersebut. Buatlah tabel tiga kolom. Kolom pertama isi dengan keliling lingkaran, kolom kedua dengan diameter (kamu pun bisa mengukur jari-jari lingkaran tersebut. Tapi ingat untuk mengalikan 2 kali jari-jari tersebut untuk mendapatkan diameternya) dan kolom ketiga berisi perbandingan antara keliling dan diameter. Apa yang kamu temukan?

Betul sekali nilai perbandingan antara keliling dan diameter itu selalu berada di kisaran tertentu yang serupa dengan π. Demikianlah orang-orang terdahulu menemukan nilai tetap pada π sehingga diperoleh nilai 3,14285714285714 dan seterusnya. Perhatikan nilai π, adakah susunan angka unik yang kamu temukan?

3,14 atau 22/7?

Pernahkan kamu bingung saat harus menentukan menggunakan nilai 3,14 atau 22/7 pada suatu perhitungan? Berikut tips yang bisa kamu gunakan:

1. Jika nilai jari-jari atau diameter lingkaran merupakan kelipatan 7 maka akan lebih mudah jika kamu menggunakan π yang 22/7.

2. Jika nilai jari-jari atau diameter lingkaran merupakan kelipatan 10 maka tentu akan lebih mudah jika kamu menggunakan 3,14 sebagai nilai π.

3. Bagaimana jika tidak memenuhi poin 1 atau 2. Sst….rahasia, biasanya pada soal-soal sudah dicantumkan nilai π yang harus kamu gunakan. Betul, sang pembuat soal sudah mempertimbangkan cara perhitungan yang mudah untukmu. Jadi kamu nggak usah khawatir 🙂

,

  1. Leave a comment

Leave a comment